Selasa, 02 Oktober 2012

"NIGHT TO REMEMBER - D'YOURA"

 D'Youra, Kisah Mama yang Mati Melawan Kanker



Suatu hari di bulan Juli 2007. Di kamar kosnya, Arbillsan Sako Marpaung tengah memainkan gitar bolong. Ia mendadak teringat ibunya di Jakarta. Nursiani Tampubolon, perempuan yang paling dicintainya itu, tengah berjuang melawan kanker yang menggerus paru-paru.

Arbil merasa sang ibu tak lama lagi akan pergi. Nursiani menderita kanker paru-paru sejak tahun 2003. Ia sempat dinyatakan sembuh, tapi awal 2007 divonis terkena kembali. Hati Arbil meremang. Kematian bergerak dan merambat seperti bayangan dalam gelap.

"Air mata tak bertepi...penuhi sesak luka hati...sendiri...Kini ku menjalani heningnya dunia..." Hari itu, Arbil menciptakan D'youra, sebuah lagu yang kelak menjadi titik awal Night to Remember (NTR) menuju sukses.

30 April 2008, sang ibu meninggal.

D'youra tak ada dalam kamus bahasa Indonesia maupun Inggris. Arbil sendiri tak tahu artinya. Jika pun pernah melihat kata itu di suatu tempat, ia lupa itu di mana. Namun permainan kata seperti itu biasa dilakukan band kelas dunia. Led Zeppelin pernah menciptakan lagu berirama reggae berjudul D'yer Maker.

"D'youra itu seperti simbol kehilangan orang-orang yang dicintai. Aku merinding waktu mendengar lagu ini," kata Arbil. D'youra akhirnya terbuka luas untuk ditafsirkan, saat diperdengarkan kepada para penggemar NTR. Rata-rata menafsirkan ini lagu soal putus cinta.

Arbil dan Dema Juliansyah, vokalis NTR, menjadi produsen lagu-lagu kelompok itu. Arbil memuji kemampuan Dema membuat lirik. "Aku senang main ilustrasi. Kalau bikin lirik pun ilustratif," kata Dema mencontohkan lagu berjudul Sun Flower Anthem.

Dema pula yang merancang konsep hal-hal yang berbau artistik: sampul album, kostum. "Band ini terdiri dari lima kepala, punya ego, emosi sendiri-sendiri. Sejak awal motor NTR memang aku dan Arbil," katanya.

Dalam album Nite Freakers Invasion, album kedua NTR yang diproduksi secara indie, dominasi Arbil dan Dema tampak kentara. Tiga lagu baru di album itu adalah karya Dema, dan tiga lagu lainnya adalah karya Arbil.


SUMBER
NITE FREAKERS LUMAJANG

 "NIGHT TO REMEMBER - D'YOURA"


Air mata tak bertepi
Penuhi sesak luka hati
Sendiri... Kini kujalani heningnya dunia

Ku tak mengerti yang terjadi
Haruskah dirinya pergi
Dan hanya sisakan ilusi

Kenangan yang selalu hadirkan perih
Tapi tak mimpi ku merelakan
Hati yang tak kurelakan tlah pergi

Akankah semua kembali
Biarkanlah kurasakan lagi
Hanya kisah yang tlah pergi slamanya
Hatiku tak kan terbagi

Mungkinkah tuhan mengerti
Betapa ku merindukannya
Semua tlah berakhir tuk slamanya


Yang tersisa
Ku coba resapi
Rasa ini
Walau sepi malam ini
Dirimu butakan hatiku

Kau pun hitam dan membeku
lemparkan tangan dan bungkam senyumku
akankah yang terjadi
Kudisini tuk menanti

DOWNLOAD LAGU "NIGHT TO REMEMBER - D'YOURA"

0 komentar:

Posting Komentar